K2N Candimulyo Jombang,
Candimulyo, sebuah desa yang beradan di tengah jantung kota jombang adalah sebuah desa yang belum menjadi kelurahan kota. Desa yang berada di kecamatan Jombang kabupaten Jombang ini memiliki tiga dusun yaitu, dusun ngelundo, dusun sidobayan, dan dusun candi. Dan di Desa Candimulyo yang luas wilayahnya 111,11 He ini dipimpin oleh satu kepala desa dan delapan perangkat. Desa ini memiliki 54 Rt, 13 Rw dan perlu teman teman ketahui jumlah penduduk desa candimulyo ini adalah 13.291 jiwa, diantaranya 6.671 perempuan dan 6.620 laki laki. Dengan banyaknya penduduk yang ada disini menjadi sasaran empuk para calon legislatif ketika terjadi pelaksnaan pemilihan dewan daerah.”Karena suara penduduk di desa ini bisa menjadikan satu orang naik ke kursi dewa”.  Kata Supredo Herlan, 17 januari 2018.
Banyak yang unik dan menarik di tempat KKN-P UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO yang kebetulan berada di desa ini, karena desa Candimulyo  pernah menjadi tempat penampungan glandangan  kota Jombang yang tepatnya berada di dusun Candi. “kalau sampean mencari caffe, tempat hiburan, atau tempat apapun itu ada lengkap mas di sini”. Ujar salah satu perangkat desa. Jadi bisa disimpulkan kalau di sini memiliki beberapa karakter masyarakat yang keras karena hidup mereka yang bisa dibilang orang jalanan.
Akan tetapi di desa ini banyak sekali keahlian keahlian yang dimiliki oleh para warganya, atara lain pengrajin gitar yang sudah menembus pasar internasioal, pengerajin sangkar burung yang sudah merajai Jawa timur dan DKI Jakarta. Dan para pemuda di desa ini tiga kali mempertahankan juara dua kompetisi internal PSSI ASKAB kabupaten Jombang, tidak hanya di dinia olah raga tetapi dari segi seni juga tidak kalah karena ada beberapa kesenian yang dikembangkan di desa ini yaitu barongsain, dan jaranan.

Desa yang memiliki suasana kota ini banyak sekali potensi potensi yang bisa di blow UP dari segi apapun. Dan tidak menutup kemungkinan desa Candimulyo ini bisa menjadi pusat pertokoan, kerajinan, seni dan budaya di kota Jombang.

Comments

Popular posts from this blog